سُبْحَانَ الَّذِيْ أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِنَ الْمَسْجِدِ الحَرَامِ
إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الًّذِيْ بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ
مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Maha Suci Allah, yang Telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam
dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang Telah kami berkahi
sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda
(kebesaran) kami. Sesungguhnya dia adalah Maha mendengar lagi Maha
Mengetahui.
Isra' adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Makkah menuju Baitul
Maqdis di Palestina. Sedang mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari
Masjidil Aqsa) ke langit ketujuh lalu Sidrotul Muntaha.
Isra' dan Mi'raj dalam aqidah Islam merupakan suatu peristiwa yang
terjadi pada pertengahan masa kerasulan Nabi antara tahun ke-11 sampai
tahun ke-12 hijrah sejak Nabi mengumumkan bahwa Allah telah mengutus
malaikat Jibril untuk menjadikan Nabi Muhammad sebagai Rasul dan risalah
keagamaan yang harus disampaikan kepada kabilah Quraish secara khusus
dan kepada manusia seluruhnya secara umum. Dan bahwa kerasulan Muhammad
adalah sebagai penyempurna dan terakhir bagi risalah samawi Rasul-rasul
terdahulu.
PENGERTIAN ISRA' DAN MI'RAJ
Isra' adalah perjalanan malam Nabi Muhammad dari Makkah menuju Baitul
Maqdis (Al-Aqsa) di Palestina. Sedang mi'raj adalah perjalanan Nabi
Muhammad dari Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa) ke langit atau sidratul
muntaha.
Peristiwa Isra' dan Mi'raj adalah salah satu mukjizat Nabi Muhammad. Dan
karena itu ulama sepakat bahwa bahwa Nabi melakukannya dengan ruh dan
jasadnya.
WAKTU TERJADINYA PERISTIWA ISRA' DAN MI'RAJ
Terjadi perbedaan ulama tentang kapan hari, bulan dan tahun terjadinya
peristiwa Isra' Mi'raj itu terjadi. Berikut beberapa pendapat tentang
waktu peristiwa Isra' Mikraj:
1. Malam Senin, tanggal 12 bulan Rabiul Awal (tanpa tahun).
2. Bulan Rabiul Awwal, setahun sebelum hijrah yakni saat Nabi berada di Makkah.
3. Bulan Dzul Qa'dah 16 bulan sebelum hijrah.
4. 3 (tiga) tahun sebelum hijrah.
5. 5 (lima) tahun sebelum hijrah.
6. 6 (enam) tahun sebelum hijrah.
7. 27 Rajab
Umumnya ulama sepakat bahwa Isra' itu terjadi satu kali di Makkah yakni
setelah Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul dan sebelum hijrah ke
Madinah.
DALIL ISRA' MI'RAJ
QS Al-Isra' 17:1
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ
إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ
مِنْ آَيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu
malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami
berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari
tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar
lagi Maha Mengetahui. (QS Al-Isra' 17:1)
Juga dalam firman-Nya:
وَالنَّجْمِ إِذَا هَوَى. مَا ضَلَّ صَاحِبُكُمْ وَمَا غَوَى. وَمَا
يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى. إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى. عَلَّمَهُ
شَدِيدُ الْقُوَى. ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَى. وَهُوَ بِالْأُفُقِ الْأَعْلَى.
ثُمَّ دَنَا فَتَدَلَّى. فَكَانَ قَابَ قَوْسَيْنِ أَوْ أَدْنَى.
فَأَوْحَى إِلَى عَبْدِهِ مَا أَوْحَى. مَا كَذَبَ الْفُؤَادُ مَا رَأَى.
أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى.
عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى. عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى. إِذْ يَغْشَى
السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى. مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى. لَقَدْ رَأَى
مِنْ ءَايَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى
“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak
pula keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al Qur’an) menurut
kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang
diwahyukan (kepadanya), yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang
sangat kuat, Yang mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu)
menampakkan diri dengan rupa yang asli. sedang dia berada di ufuk yang
tinggi. Kemudian dia mendekat, lalu bertambah dekat lagi, maka jadilah
dia dekat (pada Muhammad sejarak) dua ujung busur panah atau lebih dekat
(lagi). Lalu dia menyampaikan kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang
telah Allah wahyukan. Hatinya tidak mendustakan apa yang telah
dilihatnya. Maka apakah kamu (musyrikin Mekah) hendak membantahnya
tentang apa yang telah dilihatnya? Dan sesungguhnya Muhammad telah
melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
(yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal,
(Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu
yang meliputinya. Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang
dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah
melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar”.
(QS. An-Najm : 1-18)
Dalil Hadits
Hadis tersebut terdapat di dalam kitab hadis Shahih Muslim, Kitab Iman,
Bab Isra' Rasulullah Saw. ke langit, hadis nomor 234. Lengkapnya hadis
tersebut sebagai berikut
حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُتِيتُ
بِالْبُرَاقِ وَهُوَ دَابَّةٌ أَبْيَضُ طَوِيلٌ فَوْقَ الْحِمَارِ وَدُونَ
الْبَغْلِ يَضَعُ حَافِرَهُ عِنْدَ مُنْتَهَى طَرْفِهِ قَالَ فَرَكِبْتُهُ
حَتَّى أَتَيْتُ بَيْتَ الْمَقْدِسِ قَالَ فَرَبَطْتُهُ بِالْحَلْقَةِ
الَّتِي يَرْبِطُ بِهِ الْأَنْبِيَاءُ قَالَ ثُمَّ دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ
فَصَلَّيْتُ فِيهِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجْتُ فَجَاءَنِي جِبْرِيلُ
عَلَيْهِ السَّلَام بِإِنَاءٍ مِنْ خَمْرٍ وَإِنَاءٍ مِنْ لَبَنٍ
فَاخْتَرْتُ اللَّبَنَ فَقَالَ جِبْرِيلُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ اخْتَرْتَ الْفِطْرَةَ ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ
فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ فَقِيلَ مَنْ أَنْتَ قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ
مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ قَالَ قَدْ بُعِثَ
إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا بِآدَمَ فَرَحَّبَ بِي وَدَعَا لِي
بِخَيْرٍ ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ الثَّانِيَةِ فَاسْتَفْتَحَ
جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَقِيلَ مَنْ أَنْتَ قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ
وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ قَالَ قَدْ
بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا بِابْنَيْ الْخَالَةِ عِيسَى
ابْنِ مَرْيَمَ وَيَحْيَى بْنِ زَكَرِيَّاءَ صَلَوَاتُ اللَّهِ
عَلَيْهِمَا فَرَحَّبَا وَدَعَوَا لِي بِخَيْرٍ ثُمَّ عَرَجَ بِي إِلَى
السَّمَاءِ الثَّالِثَةِ فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ فَقِيلَ مَنْ أَنْتَ
قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ قَالَ قَدْ بُعِثَ
إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا بِيُوسُفَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا هُوَ قَدْ أُعْطِيَ شَطْرَ الْحُسْنِ فَرَحَّبَ وَدَعَا
لِي بِخَيْرٍ ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ الرَّابِعَةِ
فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ
جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قَالَ وَقَدْ بُعِثَ
إِلَيْهِ قَالَ قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا
بِإِدْرِيسَ فَرَحَّبَ وَدَعَا لِي بِخَيْرٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ
{ وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا }
ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ الْخَامِسَةِ فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ
قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ
قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ قَالَ قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا
فَإِذَا أَنَا بِهَارُونَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَحَّبَ
وَدَعَا لِي بِخَيْرٍ ثُمَّ عَرَجَ بِنَا إِلَى السَّمَاءِ السَّادِسَةِ
فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ
جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ
إِلَيْهِ قَالَ قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا
بِمُوسَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَحَّبَ وَدَعَا لِي
بِخَيْرٍ ثُمَّ عَرَجَ إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ فَاسْتَفْتَحَ
جِبْرِيلُ فَقِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ
مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ
قَالَ قَدْ بُعِثَ إِلَيْهِ فَفُتِحَ لَنَا فَإِذَا أَنَا بِإِبْرَاهِيمَ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُسْنِدًا ظَهْرَهُ إِلَى الْبَيْتِ
الْمَعْمُورِ وَإِذَا هُوَ يَدْخُلُهُ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعُونَ أَلْفَ
مَلَكٍ لَا يَعُودُونَ إِلَيْهِ ثُمَّ ذَهَبَ بِي إِلَى السِّدْرَةِ
الْمُنْتَهَى وَإِذَا وَرَقُهَا كَآذَانِ الْفِيَلَةِ وَإِذَا ثَمَرُهَا
كَالْقِلَالِ قَالَ فَلَمَّا غَشِيَهَا مِنْ أَمْرِ اللَّهِ مَا غَشِيَ
تَغَيَّرَتْ فَمَا أَحَدٌ مِنْ خَلْقِ اللَّهِ يَسْتَطِيعُ أَنْ
يَنْعَتَهَا مِنْ حُسْنِهَا فَأَوْحَى اللَّهُ إِلَيَّ مَا أَوْحَى
فَفَرَضَ عَلَيَّ خَمْسِينَ صَلَاةً فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ
فَنَزَلْتُ إِلَى مُوسَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا
فَرَضَ رَبُّكَ عَلَى أُمَّتِكَ قُلْتُ خَمْسِينَ صَلَاةً قَالَ ارْجِعْ
إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ فَإِنَّ أُمَّتَكَ لَا يُطِيقُونَ
ذَلِكَ فَإِنِّي قَدْ بَلَوْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ وَخَبَرْتُهُمْ قَالَ
فَرَجَعْتُ إِلَى رَبِّي فَقُلْتُ يَا رَبِّ خَفِّفْ عَلَى أُمَّتِي
فَحَطَّ عَنِّي خَمْسًا فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى فَقُلْتُ حَطَّ عَنِّي
خَمْسًا قَالَ إِنَّ أُمَّتَكَ لَا يُطِيقُونَ ذَلِكَ فَارْجِعْ إِلَى
رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ قَالَ فَلَمْ أَزَلْ أَرْجِعُ بَيْنَ
رَبِّي تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَبَيْنَ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَام حَتَّى
قَالَ يَا مُحَمَّدُ إِنَّهُنَّ خَمْسُ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ
لِكُلِّ صَلَاةٍ عَشْرٌ فَذَلِكَ خَمْسُونَ صَلَاةً وَمَنْ هَمَّ
بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كُتِبَتْ لَهُ حَسَنَةً فَإِنْ عَمِلَهَا
كُتِبَتْ لَهُ عَشْرًا وَمَنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا لَمْ
تُكْتَبْ شَيْئًا فَإِنْ عَمِلَهَا كُتِبَتْ سَيِّئَةً وَاحِدَةً قَالَ
فَنَزَلْتُ حَتَّى انْتَهَيْتُ إِلَى مُوسَى صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَأَخْبَرْتُهُ فَقَالَ ارْجِعْ إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ
التَّخْفِيفَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقُلْتُ قَدْ رَجَعْتُ إِلَى رَبِّي حَتَّى اسْتَحْيَيْتُ مِنْهُ
(MUSLIM - 234) : Telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farrukh
telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah telah menceritakan
kepada kami Tsabit al-Bunani dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku telah didatangi Buraq. Yaitu
seekor binatang yang berwarna putih, lebih besar dari keledai tetapi
lebih kecil dari bighal. Ia merendahkan tubuhnya sehingga perut buraq
tersebut mencapai ujungnya." Beliau bersabda lagi: "Maka aku segera
menungganginya sehingga sampai ke Baitul Maqdis." Beliau bersabda lagi:
"Kemudian aku mengikatnya pada tiang masjid sebagaimana yang biasa
dilakukan oleh para Nabi. Sejurus kemudian aku masuk ke dalam masjid dan
mendirikan shalat sebanyak dua rakaat. Setelah selesai aku terus
keluar, tiba-tiba aku didatangi oleh Jibril dengan membawa semangkuk
arak dan semangkuk susu. Dan aku pun memilih susu. Lalu Jibril berkata,
'Kamu telah memilih fitrah'. Lalu Jibril membawaku naik ke langit.
Ketika Jibril meminta agar dibukakan pintu, maka ditanyakan, 'Siapakah
kamu? ' Jibril menjawab, 'Jibril'. Ditanyakan lagi, 'Siapa yang
bersamamu? ' Jibril menjawab, 'Muhammad.' Jibril ditanya lagi, 'Apakah
dia telah diutus? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah diutus.' Maka
dibukalah pintu untuk kami. Tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Adam, dia
menyambutku serta mendoakanku dengan kebaikan. Lalu aku dibawa naik ke
langit kedua. Jibril lalu minta supaya dibukakan pintu. Lalu ditanyakan
lagi, 'Siapakah kamu? ' Jibril menjawab, 'Jibril'. Jibril ditanya lagi,
'Siapa yang bersamamu? ' Jibril menjawab, 'Muhammad.' Jibril ditanya
lagi, 'Apakah dia telah diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah
diutuskan'. Pintu pun dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu
dengan Isa bin Maryam dan Yahya bin Zakaria, mereka berdua menyambutku
dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik langit ketiga.
Jibril pun meminta supaya dibukakan pintu. Lalu ditanyakan, 'Siapakah
kamu? ' Jibril menjawab, 'Jibril'. Jibril ditanya lagi, 'Siapakah
bersamamu? ' Jibril menjawab, 'Muhammad'. Jibril ditanya lagi, 'Apakah
dia telah diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah diutuskan'. Pintu
pun dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Yusuf
Alaihis Salam, ternyata dia telah dikaruniakan dengan kedudukan yang
sangat tinggi. Dia terus menyambut aku dan mendoakan aku dengan
kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit keempat. Jibril pun meminta
supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi, 'Siapakah kamu? '
Jibril menjawab, 'Jibril'. Jibril ditanya lagi, 'Siapakah bersamamu? '
Jibril menjawab, 'Muhammad'. Jibril ditanya lagi, 'Apakah dia telah
diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah diutuskan'. Pintu pun
dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Idris Alaihis
Salam, dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Allah
berfirman: '(Dan kami telah menganggkat ke tempat yang tinggi darjatnya)
'. Aku dibawa lagi naik ke langit kelima. Jibril lalu meminta supaya
dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi, 'Siapakah kamu? '
Jibril menjawab, 'Jibril'. Jibril ditanya lagi, 'Siapakah bersamamu? '
Jibril menjawab, 'Muhammad'. Jibril ditanya lagi, 'Apakah dia telah
diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah diutuskan'. Pintu pun
dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Harun
Alaihissalam, dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan.
Aku dibawa lagi naik ke langit keenam. Jibril lalu meminta supaya
dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi, 'Siapakah kamu? '
Jibril menjawab, 'Jibril'. Jibril ditanya lagi, 'Siapakah bersamamu? '
Jibril menjawab, 'Muhammad'. Jibril ditanya lagi, 'Apakah dia telah
diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia telah diutuskan'. Pintu pun
dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu dengan Nabi Musa, dia terus
menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke
langit ketujuh. Jibril meminta supaya dibukakan. Kedengaran suara
bertanya lagi, 'Siapakah kamu? ' Jibril menjawabnya, 'Jibril'. Jibril
ditanya lagi, 'Siapakah bersamamu? ' Jibril menjawab, 'Muhammad'. Jibril
ditanya lagi, 'Apakah dia telah diutuskan? ' Jibril menjawab, 'Ya, dia
telah diutuskan'. Pintu pun dibukakan kepada kami. Tiba-tiba aku bertemu
dengan Nabi Ibrahim Alaihissalam, dia sedang berada dalam keadaan
menyandar di Baitul Makmur. Keluasannya setiap hari bisa memasukkan
tujuh puluh ribu malaikat. Setelah keluar, mereka tidak kembali lagi
kepadanya (Baitul Makmur). Kemudian aku dibawa ke Sidratul Muntaha.
Daun-daunnya besar seperti telinga gajah dan ternyata buahnya sebesar
tempayan." Beliau bersabda: "Ketika beliau menaikinya dengan perintah
Allah, maka sidrah muntaha berubah. Tidak seorang pun dari makhluk Allah
yang mampu menggambarkan keindahannya karena indahnya. Lalu Allah
memberikan wahyu kepada beliau dengan mewajibkan shalat lima puluh waktu
sehari semalam. Lalu aku turun dan bertemu Nabi Musa Alaihissalam, dia
bertanya, 'Apakah yang telah difardukan oleh Tuhanmu kepada umatmu? '
Beliau bersabda: "Shalat lima puluh waktu'. Nabi Musa berkata,
'Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan karena umatmu tidak akan
mampu melaksanakannya. Aku pernah mencoba Bani Israel dan menguji
mereka'. Beliau bersabda: "Aku kembali kepada Tuhan seraya berkata,
'Wahai Tuhanku, berilah keringanan kepada umatku'. Lalu Allah subhanahu
wata'ala. mengurangkan lima waktu shalat dari beliau'. Lalu aku kembali
kepada Nabi Musa dan berkata, 'Allah telah mengurangkan lima waktu
shalat dariku'. Nabi Musa berkata, 'Umatmu tidak akan mampu
melaksanakannya. Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan lagi'.
Beliau bersabda: "Aku masih saja bolak-balik antara Tuhanku dan Nabi
Musa, sehingga Allah berfirman: 'Wahai Muhammad! Sesungguhnya aku
fardukan lima waktu sehari semalam. Setiap shalat fardu dilipatgandakan
dengan sepuluh kali lipat. Maka itulah lima puluh shalat fardu. Begitu
juga barangsiapa yang berniat, untuk melakukan kebaikan tetapi tidak
melakukanya, niscaya akan dicatat baginya satu kebaikan. Jika dia
melaksanakannya, maka dicatat sepuluh kebaikan baginya. Sebaliknya
barangsiapa yang berniat ingin melakukan kejahatan, tetapi tidak
melakukannya, niscaya tidak dicatat baginya sesuatu pun. Lalu jika dia
mengerjakannya, maka dicatat sebagai satu kejahatan baginya'. Aku turun
hingga sampai kepada Nabi Musa, lalu aku memberitahu kepadanya. Dia
masih saja berkata, 'Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan'.
Aku menjawab, 'Aku terlalu banyak berulang-ulang kembali kepada Tuhanku,
sehingga menyebabkanku malu kepada-Nya'."
KITAB SHAHIH BUKHARI : " Bab: Hadits Isra`Mi’raj "
No. Hadist: 3597
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ
ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهُ
سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَمَّا
كَذَّبَتْنِي قُرَيْشٌ قُمْتُ فِي الْحِجْرِ فَجَلَا اللَّهُ لِي بَيْتَ
الْمَقْدِسِ فَطَفِقْتُ أُخْبِرُهُمْ عَنْ آيَاتِهِ وَأَنَا أَنْظُرُ
إِلَيْهِ
Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan
kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab telah menceritakan
kepadaku Abu Salamah bin 'Abdurrahman; aku mendengar Jabir bin Abdullah
radliallahu 'anhuma bahwa, dia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam bersabda: "Ketika kaum Quraisy mendustakan aku (tentang Isra'
dan Mi'raj), aku berdiri di al Hijir, lalu Allah menampakkan kepadaku
Baitul Maqdis, maka aku mulai menceritakan kepada mereka tentang
tanda-tandanya. sedang aku terus melihatnya".
No. Hadist: 3598
حَدَّثَنَا هُدْبَةُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا هَمَّامُ بْنُ يَحْيَى
حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ مَالِكِ بْنِ
صَعْصَعَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَهُمْ عَنْ لَيْلَةِ أُسْرِيَ بِهِ بَيْنَمَا
أَنَا فِي الْحَطِيمِ وَرُبَّمَا قَالَ فِي الْحِجْرِ مُضْطَجِعًا إِذْ
أَتَانِي آتٍ فَقَدَّ قَالَ وَسَمِعْتُهُ يَقُولُ فَشَقَّ مَا بَيْنَ
هَذِهِ إِلَى هَذِهِ فَقُلْتُ لِلْجَارُودِ وَهُوَ إِلَى جَنْبِي مَا
يَعْنِي بِهِ قَالَ مِنْ ثُغْرَةِ نَحْرِهِ إِلَى شِعْرَتِهِ وَسَمِعْتُهُ
يَقُولُ مِنْ قَصِّهِ إِلَى شِعْرَتِهِ فَاسْتَخْرَجَ قَلْبِي ثُمَّ
أُتِيتُ بِطَسْتٍ مِنْ ذَهَبٍ مَمْلُوءَةٍ إِيمَانًا فَغُسِلَ قَلْبِي
ثُمَّ حُشِيَ ثُمَّ أُعِيدَ ثُمَّ أُتِيتُ بِدَابَّةٍ دُونَ الْبَغْلِ
وَفَوْقَ الْحِمَارِ أَبْيَضَ فَقَالَ لَهُ الْجَارُودُ هُوَ الْبُرَاقُ
يَا أَبَا حَمْزَةَ قَالَ أَنَسٌ نَعَمْ يَضَعُ خَطْوَهُ عِنْدَ أَقْصَى
طَرْفِهِ فَحُمِلْتُ عَلَيْهِ فَانْطَلَقَ بِي جِبْرِيلُ حَتَّى أَتَى
السَّمَاءَ الدُّنْيَا فَاسْتَفْتَحَ فَقِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ
قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ
نَعَمْ قِيلَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ فَفَتَحَ فَلَمَّا
خَلَصْتُ فَإِذَا فِيهَا آدَمُ فَقَالَ هَذَا أَبُوكَ آدَمُ فَسَلِّمْ
عَلَيْهِ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ السَّلَامَ ثُمَّ قَالَ مَرْحَبًا
بِالِابْنِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ صَعِدَ بِي حَتَّى
أَتَى السَّمَاءَ الثَّانِيَةَ فَاسْتَفْتَحَ قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ
جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ أُرْسِلَ
إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ قِيلَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ
فَفَتَحَ فَلَمَّا خَلَصْتُ إِذَا يَحْيَى وَعِيسَى وَهُمَا ابْنَا
الْخَالَةِ قَالَ هَذَا يَحْيَى وَعِيسَى فَسَلِّمْ عَلَيْهِمَا
فَسَلَّمْتُ فَرَدَّا ثُمَّ قَالَا مَرْحَبًا بِالْأَخِ الصَّالِحِ
وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ صَعِدَ بِي إِلَى السَّمَاءِ الثَّالِثَةِ
فَاسْتَفْتَحَ قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ
مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ قِيلَ مَرْحَبًا
بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ فَفُتِحَ فَلَمَّا خَلَصْتُ إِذَا يُوسُفُ
قَالَ هَذَا يُوسُفُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ
ثُمَّ قَالَ مَرْحَبًا بِالْأَخِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ
صَعِدَ بِي حَتَّى أَتَى السَّمَاءَ الرَّابِعَةَ فَاسْتَفْتَحَ قِيلَ
مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ
أَوَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ قِيلَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ
الْمَجِيءُ جَاءَ فَفُتِحَ فَلَمَّا خَلَصْتُ إِلَى إِدْرِيسَ قَالَ هَذَا
إِدْرِيسُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ
مَرْحَبًا بِالْأَخِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ صَعِدَ بِي
حَتَّى أَتَى السَّمَاءَ الْخَامِسَةَ فَاسْتَفْتَحَ قِيلَ مَنْ هَذَا
قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ
أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ قِيلَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ
جَاءَ فَلَمَّا خَلَصْتُ فَإِذَا هَارُونُ قَالَ هَذَا هَارُونُ فَسَلِّمْ
عَلَيْهِ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ مَرْحَبًا بِالْأَخِ
الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ صَعِدَ بِي حَتَّى أَتَى
السَّمَاءَ السَّادِسَةَ فَاسْتَفْتَحَ قِيلَ مَنْ هَذَا قَالَ جِبْرِيلُ
قِيلَ مَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ قَالَ
نَعَمْ قَالَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ فَلَمَّا خَلَصْتُ
فَإِذَا مُوسَى قَالَ هَذَا مُوسَى فَسَلِّمْ عَلَيْهِ فَسَلَّمْتُ
عَلَيْهِ فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ مَرْحَبًا بِالْأَخِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ
الصَّالِحِ فَلَمَّا تَجَاوَزْتُ بَكَى قِيلَ لَهُ مَا يُبْكِيكَ قَالَ
أَبْكِي لِأَنَّ غُلَامًا بُعِثَ بَعْدِي يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ
أُمَّتِهِ أَكْثَرُ مِمَّنْ يَدْخُلُهَا مِنْ أُمَّتِي ثُمَّ صَعِدَ بِي
إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ فَاسْتَفْتَحَ جِبْرِيلُ قِيلَ مَنْ هَذَا
قَالَ جِبْرِيلُ قِيلَ وَمَنْ مَعَكَ قَالَ مُحَمَّدٌ قِيلَ وَقَدْ بُعِثَ
إِلَيْهِ قَالَ نَعَمْ قَالَ مَرْحَبًا بِهِ فَنِعْمَ الْمَجِيءُ جَاءَ
فَلَمَّا خَلَصْتُ فَإِذَا إِبْرَاهِيمُ قَالَ هَذَا أَبُوكَ فَسَلِّمْ
عَلَيْهِ قَالَ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ فَرَدَّ السَّلَامَ قَالَ مَرْحَبًا
بِالِابْنِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ ثُمَّ رُفِعَتْ إِلَيَّ
سِدْرَةُ الْمُنْتَهَى فَإِذَا نَبْقُهَا مِثْلُ قِلَالِ هَجَرَ وَإِذَا
وَرَقُهَا مِثْلُ آذَانِ الْفِيَلَةِ قَالَ هَذِهِ سِدْرَةُ الْمُنْتَهَى
وَإِذَا أَرْبَعَةُ أَنْهَارٍ نَهْرَانِ بَاطِنَانِ وَنَهْرَانِ ظَاهِرَانِ
فَقُلْتُ مَا هَذَانِ يَا جِبْرِيلُ قَالَ أَمَّا الْبَاطِنَانِ
فَنَهْرَانِ فِي الْجَنَّةِ وَأَمَّا الظَّاهِرَانِ فَالنِّيلُ
وَالْفُرَاتُ ثُمَّ رُفِعَ لِي الْبَيْتُ الْمَعْمُورُ ثُمَّ أُتِيتُ
بِإِنَاءٍ مِنْ خَمْرٍ وَإِنَاءٍ مِنْ لَبَنٍ وَإِنَاءٍ مِنْ عَسَلٍ
فَأَخَذْتُ اللَّبَنَ فَقَالَ هِيَ الْفِطْرَةُ الَّتِي أَنْتَ عَلَيْهَا
وَأُمَّتُكَ ثُمَّ فُرِضَتْ عَلَيَّ الصَّلَوَاتُ خَمْسِينَ صَلَاةً كُلَّ
يَوْمٍ فَرَجَعْتُ فَمَرَرْتُ عَلَى مُوسَى فَقَالَ بِمَا أُمِرْتَ قَالَ
أُمِرْتُ بِخَمْسِينَ صَلَاةً كُلَّ يَوْمٍ قَالَ إِنَّ أُمَّتَكَ لَا
تَسْتَطِيعُ خَمْسِينَ صَلَاةً كُلَّ يَوْمٍ وَإِنِّي وَاللَّهِ قَدْ
جَرَّبْتُ النَّاسَ قَبْلَكَ وَعَالَجْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَشَدَّ
الْمُعَالَجَةِ فَارْجِعْ إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ
لِأُمَّتِكَ فَرَجَعْتُ فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى
فَقَالَ مِثْلَهُ فَرَجَعْتُ فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا فَرَجَعْتُ إِلَى
مُوسَى فَقَالَ مِثْلَهُ فَرَجَعْتُ فَوَضَعَ عَنِّي عَشْرًا فَرَجَعْتُ
إِلَى مُوسَى فَقَالَ مِثْلَهُ فَرَجَعْتُ فَأُمِرْتُ بِعَشْرِ صَلَوَاتٍ
كُلَّ يَوْمٍ فَرَجَعْتُ فَقَالَ مِثْلَهُ فَرَجَعْتُ فَأُمِرْتُ بِخَمْسِ
صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ فَرَجَعْتُ إِلَى مُوسَى فَقَالَ بِمَ أُمِرْتَ
قُلْتُ أُمِرْتُ بِخَمْسِ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ قَالَ إِنَّ أُمَّتَكَ
لَا تَسْتَطِيعُ خَمْسَ صَلَوَاتٍ كُلَّ يَوْمٍ وَإِنِّي قَدْ جَرَّبْتُ
النَّاسَ قَبْلَكَ وَعَالَجْتُ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَشَدَّ الْمُعَالَجَةِ
فَارْجِعْ إِلَى رَبِّكَ فَاسْأَلْهُ التَّخْفِيفَ لِأُمَّتِكَ قَالَ
سَأَلْتُ رَبِّي حَتَّى اسْتَحْيَيْتُ وَلَكِنِّي أَرْضَى وَأُسَلِّمُ
قَالَ فَلَمَّا جَاوَزْتُ نَادَى مُنَادٍ أَمْضَيْتُ فَرِيضَتِي
وَخَفَّفْتُ عَنْ عِبَادِي
Telah menceritakan kepada kami Hudbah bin Khalid telah menceritakan
kepada kami Hammam bin Yahya telah menceritakan kepada kami Qatadah dari
Anas bin Malik dari Malik bin Sha'sha'ah radliallahu 'anhuma, bahwa
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bercerita kepada mereka tentang malam
perjalanan Isra': "Ketika aku berada di al Hathim" -atau beliau
menyebutkan di al Hijir- dalam keadaan berbaring, tiba-tiba seseorang
datang lalu membelah". Qatadah berkata; Dan aku juga mendengar dia
berkata: "lalu dia membelah apa yang ada diantara ini dan ini". Aku
bertanya kepada Al Jarud yang saat itu ada di sampingku; "Apa
maksudnya?". Dia berkata; "dari lubang leher dada hingga bawah perut"
dan aku mendengar dia berkata; "dari atas dadanya sampai tempat
tumbuhnya rambut kemaluan."lalu laki-laki itu mengeluarkan kalbuku
(hati), kemudian dibawakan kepadaku sebuah baskom terbuat dari emas yang
dipenuhi dengan iman, lalu dia mencuci hatiku kemudian diisinya dengan
iman dan diulanginya. Kemudian aku didatangkan seekor hewan tunggangan
berwarna putih yang lebih kecil dari pada baghal namun lebih besar
dibanding keledai." Al Jarud berkata kepadanya; "Apakah itu yang
dinamakan al Buraq, wahai Abu Hamzah?". Anas menjawab; "Ya. Al Buraq itu
meletakan langkah kakinya pada pandangan mata yang terjauh"."Lalu aku
menungganginya kemudian aku berangkat bersama Jibril 'alaihis salam
hingga sampai di langit dunia. Lalu Jibril meminta dibukakan pintu
langit kemudian dia ditanya; "Siapakah ini". Jibril menjawab; "Jibril".
Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang bersamamu?". Jibril menjawab;
"Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia telah diutus?". Jibril
menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang baginya dan ini
sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu dibuka dan setelah
melewatinya aku berjumpa Adam 'alaihis salam. Jibril AS berkata: "Ini
adalah bapakmu, Adam. Berilah salam kepadanya". Maka aku memberi salam
kepadanya dan Adam 'alaihis salam membalas salamku lalu dia berkata:
"Selamat datang anak yang shalih dan nabi yang shalih". Kemudian aku
dibawa naik ke langit kedua, lalu Jibril meminta dibukakan pintu langit
kemudian dia ditanya; "Siapakah ini". Jibril menjawab; "Jibril".
Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang bersamamu?". Jibril menjawab;
"Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia telah diutus?". Jibril
menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang baginya dan ini
sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu dibuka dan setelah
aku melewatinya, aku berjumpa dengan Yahya dan 'Isa 'alaihis salam,
keduanya adalah anak dari satu bibi. Jibril berkata; "Ini adalah Yahya
dan 'Isa, berilah salam kepada keduanya." Maka aku memberi salam kepada
keduanya dan keduanya membalas salamku lalu keduanya berkata; "Selamat
datang saudara yang shalih dan nabi yang shalih". Kemudian aku dibawa
naik ke langit ketiga lalu Jibril meminta dibukakan pintu langit
kemudian dia ditanya; "Siapakah ini". Jibril menjawab; "Jibril".
Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang bersamamu?". Jibril menjawab;
"Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia telah diutus?". Jibril
menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang baginya dan ini
sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu dibuka dan setelah
aku melewatinya, aku berjumpa dengan Yusuf 'alaihis salam. Jibril
berkata; "Ini adalah Yusuf. Berilah salam kepadanya". Maka aku memberi
salam kepadanya dan Yusuf membalas salamku lalu berkata; "Selamat datang
saudara yang shalih dan nabi yang shalih". Kemudian aku dibawa naik ke
langit keempat lalu Jibril meminta dibukakan pintu langit kemudian dia
ditanya; "Siapakah ini". Jibril menjawab; "Jibril". Ditanyakan lagi;
"Siapa orang yang bersamamu?". Jibril menjawab; "Muhammad". Ditanyakan
lagi; "Apakah dia telah diutus?". Jibril menjawab; "Ya". Maka dikatakan;
"Selamat datang baginya dan ini sebaik-baik kedatangan orang yang
datang". Maka pintu dibuka dan setelah aku melewatinya, aku berjumpa
dengan Idris 'alaihis salam. Jibril berkata; "Ini adalah Idris, berilah
salam kepadanya". Maka aku memberi salam kepadanya dan Idris membalas
salamku lalu berkata; "Selamat datang saudara yang shalih dan nabi yang
shalih". Kemudian aku dibawa naik ke langit kelima lalu Jibril meminta
dibukakan pintu langit kemudian dia ditanya; "Siapakah ini". Jibril
menjawab; "Jibril". Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang bersamamu?".
Jibril menjawab; "Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia telah
diutus?". Jibril menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang baginya
dan ini sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu dibuka
dan setelah aku melewatinya, aku bertemu dengan Harun 'alaihis salam.
Jibril berkata; "Ini adalah Harun. Berilah salam kepadanya". Maka aku
memberi salam kepadanya dan Harun membalas salamku lalu berkata;
"Selamat datang saudara yang shalih dan nabi yang shalih". Kemudian aku
dibawa naik ke langit keempat lalu Jibril meminta dibukakan pintu langit
kemudian dia ditanya; "Siapakah ini". Jibril menjawab; "Jibril".
Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang bersamamu?". Jibril menjawab;
"Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia telah diutus?". Jibril
menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang baginya dan ini
sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu dibuka dan setelah
aku melewatinya, aku mendapatkan Musa 'alaihis salam. Jibril berkata;
"Ini adalah Musa. Berilah salam kepadanya". Maka aku memberi salam
kepadanya dan Musa membalas salamku lalu berkata; "Selamat datang
saudara yang shalih dan nabi yang shalih". Ketika aku sudah selesai,
tiba-tiba dia menangis. Lalu ditanyakan; "Mengapa kamu menangis?". Musa
menjawab; "Aku menangis karena anak ini diutus setelah aku namun orang
yang masuk surga dari ummatnya lebih banyak dari orang yang masuk surga
dari ummatku". Kemudian aku dibawa naik ke langit ketujuh lalu Jibril
meminta dibukakan pintu langit kemudian dia ditanya; "Siapakah ini".
Jibril menjawab; "Jibril". Ditanyakan lagi; "Siapa orang yang
bersamamu?". Jibril menjawab; "Muhammad". Ditanyakan lagi; "Apakah dia
telah diutus?". Jibril menjawab; "Ya". Maka dikatakan; "Selamat datang
baginya dan ini sebaik-baik kedatangan orang yang datang". Maka pintu
dibuka dan setelah aku melewatinya, aku mendapatkan Ibrahim 'alaihis
salam. Jibril berkata; "Ini adalah bapakmu. Berilah salam kepadanya".
Maka aku memberi salam kepadanya dan Ibrahim membalas salamku lalu
berkata; "Selamat datang anak yang shalih dan nabi yang shalih".
Kemudian Sidratul Muntaha diangkat/dinampakkan kepadaku yang ternyata
buahnya seperti tempayan daerah Hajar dengan daunnya laksana
telinga-telinga gajah. Jibril 'alaihis salam berkata; "Ini adalah
Sidratul Muntahaa." Ternyata di dasarnya ada empat sungai, dua sungai
Bathin dan dua sungai Zhahir". Aku bertanya: "Apakah ini wahai Jibril?".
Jibril menjawab; "adapun dua sungai Bathin adalah dua sungai yang
berada di surga, sedangkan dua sungai Zhahir adalah an Nil dan eufrat".
Kemudian aku diangkat ke Baitul Ma'mur, lalu aku diberi satu gelas
berisi khamer (arak), satu gelas berisi susu dan satu gelas lagi berisi
madu. Aku mengambil gelas yang berisi susu. Maka Jibril berkata; "Ini
merupakan fithrah yang kamu dan ummatmu berada di atasnya". Kemudian
diwajibkan bagiku shalat lima puluh kali dalam setiap hari. Aku pun
kembali dan lewat di hadapan Musa 'alaihis salam. Musa bertanya; "Apa
yang telah diperintahkan kepadamu?". aku menjawab: "Aku diperintahkan
shalat lima puluh kali setiap hari". Musa berkata; "Sesungguhnya ummatmu
tidak akan sanggup melaksanakan lima puluh kali shalat dalam sehari,
dan aku, demi Allah, telah mencoba menerapkannya kepada manusia sebelum
kamu, dan aku juga telah berusaha keras membenahi Bani Isra'il dengan
sungguh-sungguh. Maka kembalilah kepada Rabbmu dan mintalah keringanan
untuk umatmu". Maka aku kembali dan Allah memberiku keringanan dengan
mengurangi sepuluh shalat, lalu aku kembali menemui Musa. Maka Musa
berkata sebagaimana yang dikatakan sebelumnya, lalu aku kembali dan
Allah memberiku keringanan dengan mengurangi sepuluh shalat, lalu aku
kembali menemui Musa. Maka Musa berkata sebagaimana yang dikatakan
sebelumnya, lalu aku kembali dan Allah memberiku keringanan dengan
mengurangi sepuluh shalat, lalu aku kembali menemui Musa. Maka Musa
berkata sebagaimana yang dikatakan sebelunya. Aku pun kembali, dan aku
di perintah dengan sepuluh kali shalat setiap hari. Lalu aku kembali dan
Musa kembali berkata seperti sebelumnya. Aku pun kembali, dan akhirnya
aku diperintahkan dengan lima kali shalat dalam sehari. Aku kembali
kepada Musa dan dia berkata; "Apa yang diperintahkan kepadamu?". Aku
jawab: "Aku diperintahkan dengan lima kali shalat dalam sehari". Musa
berkata; "Sesungguhnya ummatmu tidak akan sanggup melaksanakan lima kali
shalat dalam sehari, dan sesungguhnya aku, telah mencoba menerapkannya
kepada manusia sebelum kamu, dan aku juga telah berusaha keras membenahi
Bani Isra'il dengan sungguh-sungguh. Maka kembalilah kepada Rabbmu dan
mintalah keringanan untuk umatmu". Beliau berkata: "Aku telah banyak
memohon (keringanan) kepada Rabbku hingga aku malu. Tetapi aku telah
ridla dan menerimanya". Ketika aku telah selesai, terdengar suara orang
yang berseru: "Sungguh Aku telah memberikan keputusan kewajiban-Ku dan
Aku telah ringankan untuk hamba-hamba-Ku".
No. Hadist: 3599
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ حَدَّثَنَا عَمْرٌو عَنْ
عِكْرِمَةَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فِي قَوْلِهِ
تَعَالَى } وَمَا جَعَلْنَا الرُّؤْيَا الَّتِي أَرَيْنَاكَ إِلَّا
فِتْنَةً لِلنَّاسِ { قَالَ هِيَ رُؤْيَا عَيْنٍ أُرِيَهَا رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِهِ إِلَى بَيْتِ
الْمَقْدِسِ قَالَ } وَالشَّجَرَةَ الْمَلْعُونَةَ فِي الْقُرْآنِ { قَالَ
هِيَ شَجَرَةُ الزَّقُّومِ
Telah menceritakan kepada kami Al Humaidi telah menceritakan kepada kami
Sufyan telah menceritakan kepada kami 'Amru dari 'Ikrimah dari Ibnu
'Abbas radliallahu 'anhuma tentang firman Allah Ta'ala QS al Isra' ayat
60: ("Dan tidaklah kami jdikan mimpi yang Kami perlihatkann kepadamu
melainkan sebagai ujian bagi manusia"). Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma
berkata; "Itu adalah penglihatan mata telanjang yang diperlihatkan
kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada malam beliau di
Isra' menuju Baitul Maqdis". Dan Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma juga
berkata; bahwa lanjutan ayat yang artinya: ("dan begitu pula pohon yang
terkutuk di dalam al Qur'an.".) maksudnya adalah pohon zaqqum (di
neraka)"
ISRA' MI'RAJ NABI SECARA FISIK ATAU RUH SAJA?
Perbedaan pun terjadi tentang apakah Isra' Mi'raj-nya Nabi terjadi dengan ruh dan badan atau hanya ruh saja.
Mayoritas ulama berpendapat bahwa Isra' Mi'raj Nabi terjadi dengan jiwa
dan raga dan dalam keadaan bangun (tidak tidur). Dan karena itulah
banyak kaum kafir Quraish yang tidak percaya akan peristiwa ini. Dan
banyak kaum kafir saat ini yang juga tidak percaya. Itulah mukjizat yang
memang bertujuan untuk menguji kekuatan iman seseorang.
Yang utama yang berpendeapat demikian adalah kalangan ahli tafsir utama
seperti At-Tabari, Ibnul Arabi, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Baidhawi,
Al-Qurtubi.
Asy-Syaukani dalam kitab Fathul Qadir mengatakan:
والذي دلت عليه الأحاديث الصحيحة الكثيرة هو ما ذهب إليه معظم السلف والخلف من أن الإسراء بجسده وروحه يقظة
Artinya: Adapun yang ditunjukkan oleh sejumlah hadits sahih itulah
pendapat yang diambil oleh mayoritas ulama salaf dan khalaf bahwa
Isra'-nya Nabi Muhammad itu dengan jasad dan ruhnya serta dalam keadaan
tidak tidur (bukan dalam mimpi).
Al-Qurtubi dalam Tafsir Al-Qurtubi menyatakan
ثبت الإسراء في جميع مصنفات الحديث، وروي عن الصحابة في كل أقطار الإسلام فهو من المتواتر بهذا الوجه,
Artinya: Masalah Isra' Mi'raj ini sudah jelas disebut secara eksplisit
dalam kitab-kitab hadits yang diriwayatkan oleh para Sahabat. Semua
sepakat (mutawatir) bahwa kejadian tersebut dengan badan dan roh Nabi.
HUKUM PERINGATAN ISRA MI'RAJ
Tidak ada dalil dari Quran maupun hadits yang menyatakan bahwa Isra'
Mi'raj sebagai salah satu hari besar yang patut diperingati. Juga tidak
ada contoh dari Nabi bahwa beliau pernah memperingati atau merayakan
Isra' Mir'raj. Berangkat dari fakta ini maka terdapat perbedaan
(ikhtilaf) ulama tentang boleh dan tidaknya umat Islam memperingati
Isra' Mi'raj. Perbedaan itu seperti biasa terjadi antara ulama
Ahlussunnah Waljamaah dan kelompok Salafi Wahabi (Sawah).
PENDAPAT ULAMA YANG MENGHARAMKAN DAM MEMBOLEHKAN PERINGATAN ISRA' MI'RAJ
Dalil Quran
Ulama Wahabi menganggap peringatan Isra' Mi'raj adalah bid'ah dan haram
dilakukan oleh umat Islam karena dianggap mengada-ngada sesuatu yang
tidak ada pada zaman Nabi atau tidak berdasar pada dalil Quran dan
Sunnah.
Muhammad bin Ibrahim Alus-Syaikh, mufti Kerajaan Arab Saudi, menyatakan:
Peringatan Isra' Mikraj tidak disyariatkan oleh agama dengan dalil dari
Al-Quran, hadits, istis-hab dan logika.
Ia menambahkan, dalil dari Quran jelas disebut dalam QS Al-Maidah 5:3
"Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah
Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama
bagimu. ";
QS An-Nisa 4:59 "Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan
taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu
berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah
(Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada
Allah dan hari kemudian.";
QS Ali Imran 3:31 "Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah,
ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu".
Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ";
QS An-Nur :63 "maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah Rasul takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih."
Dalil Hadits
Ada dua hadits yang dipakai dalil oleh kalangan Wahabi, yang paling
populer adalah hadits bid'ah riwayat Bukhari dan Muslim dari Aisyah
Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang mengada-ngada dalam perkara yang
tidak berasal dariku maka tertolak. Dalam riwayat Muslim dengan kalimat:
Barangsiapa yang mengamalkan suatu amalan yang bukan dariku maka ia
tertolak" (Teks Arab: atau من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو رد atau من
أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد).
Hadits kedua riwayat Tirmidzi dan dinilai sahih olehnya, juga Ibnu
Majah, Ibnu Hibban Rasulullah bersabda: Takutlah mengada-ngada dalam
sesuatu. Karena setiap sesuatu yang baru adalah sesat (Teks Arab: إياكم
ومحدثات الأمور, فإن كل محدثة ضلالة).
Dalil Istis-hab
Bahwa peringatan Isra' Mi'raj dianggap sebagai ibadah. Sedangkan ibadah
bersifat tawqifiyah (tuntunan langsung dari Allah dan Rasul-Nya). Tanpa
itu maka dianggap haram. Karena hukum asal dari ibadah adalah haram
sampai ada dalil yang menyatakan sebaliknya (Teks Arab dari kaidah ini
adalah: لإصل في العبادة ا لتحريم حتي يدل الدليل علي تحليله)
Pendapat ulama Salafi Wahabi yang lain seperti Abdullah bin Baz dan, Ibn Uthaimin, dll, kurang lebih sama.
Tinjauan kritis atas pendapat Ulama Wahabi:
Walaupun dalil Al-Quran dan hadits yang dibuat dasar tidak salah, namun
dalil-dalil tersebut tidak relevan dengan topik yang dibahas yakni
peringatan Isra' Mikraj. Tidak ada satupun dalil yang dipakai
menyebutkan atas haramnya memperingati Isra' Mi'raj. Dengan kata lain,
dalil-dalil tersebut adalah dalil-dalil umum yang oleh ulama Wahabi
dipakai dan dipaksakan untuk kasus peringatan Isra' Mi'raj.
Adapun logika istis-hab dimana Wahabi menganggap bahwa masalah Isra' dan
Mi'raj adalah masalah ibadah tidaklah tepat. Karena masalah ibadah
dalam Islam itu sudah jelas seperti shalat, haji, umrah dan puasa.
Peringatan Isra' dan Mi'raj tidak beda dengan acara pertemuan biasa atau
rapat umum yang lalu diisi dengan ceramah atau taushiah. Jadi, dimana
letak ibadahnya?
Peringatan Isra' Mi'raj lebih tepat disebut sebagai masalah muamalah
atau masalah non-ibadah yang menurut kaidah fiqih hukum asalnya adalah
halal dan boleh sampai ada dalil yang menunjukkan atas keharamannya
(Teks Arab: الإصل في الأشياء الإباحة حتي يدل الدليل علي تحريمه)
Kesimpulan
Peringatan Isra' Mi'raj menurut ulama Ahlussunnah Waljamaah adalah boleh
walaupun tidak ada pada zaman Nabi dan Sahabat karena ia merupakan
masalah muamalah atau non-ibadah sebagaimana peringatan Maulid Nabi. Dan
hukum asal dari masalah muamalah atau non-ibadah adalah boleh.
Sedangkan menurut ulama Salafi Wahabi (Sawah) hukumnya haram karena
dianggap masalah ibadah dan hukum asal dari masalah ibadah adalah haram.
Hikmah Dibalik Peristiwa-Peristiwa Dalam Isra’ Mi’raj
Perjalanan isra dan mi’raj merupakan perjalanan yang penuh berkah yang
menunjukkan betapa Maha Kuasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bagaimana
seorang hamba –Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam-, bersama ruh
dan jasadnya menempuh jarak ribuan bahkan jutaan kilometer hanya dalam
satu malam saja. Dan dalam perjalanan yang sedemikian cepat tersebut,
Allah kuasakan Nabi Muhammad mampu melihat keadaan sekitar yang beliau
lewati, baik kejadian atau keadaan saat isra maupun mi’raj.
Imam as-Suyuthi adalah di antara ulama yang menjelaskan beberapa hikmah
perjalanan isra mi’raj. Beliau mengatakan tentang hikmah perjalanan isra
dilakukan di malam hari karena malam hari adalah waktu yang tenang
menyendiri dan waktu yang khusus. Itulah waktu shalat yang diwajibkan
atas Nabi, sebagaimana dalam firman-Nya, “Berdirilah shalat di malam
hari” (QS. Al-Muzammil: 2) (as-Suyuthi, al-Khasha-is an-Nabawiyah
al-Kubra, Hal: 391-392).
Abu Muhammad bin Abi Hamzah mengatakan, “Hikmah perjalanan isra menuju
Baitul Maqdis sebelum naik ke langit adalah untuk menampakkan kebenaran
terjadinya peristiwa ini dan membantah orang-orang yang ingin
mendustakannya. Apabila perjalanan isra dari Mekah langsung menuju
langit, maka sulit dilakukan penjelasan dan pembuktian kepada
orang-orang yang mengingkari peristiwa ini. Ketika dikatakan bahwa Nabi
Muhammad memulai perjalanan isra ke Baitul Maqdis, orang-orang yang
hendak mengingkari pun bertanya tentang ciri-ciri Baitul Maqdis
sebagaimana yang pernah mereka lihat, dan mereka pun tahu bahwa Nabi
Muhammad belum pernah melihatnya. Saat Rasulullah mengabarkan
ciri-cirinya, mereka sadar bahwa peristiwa isra di malam itu benar-benar
terjadi. Kalau mereka membenarkan apa yang beliau katakan tentang isra
konsekuensinya mereka juga harus membenarkan kabar-kabar yang datang
sebelumnya (risalah kenabian). Peristiwa itu menambah iman orang-orang
yang beriman dan membuat orang-orang yang celaka bertambah keras
bantahannya (Ibnu Hajar, Fathul Bari, 7: 200-201).
Dan termasuk hikmah perjalanan isra mi’raj Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam adalah isyarat bagi umat Islam agar menjaga bumi al-Quds dari
para penyusup dan orang-orang yang tidak senang terhadap Islam.
Khususnya bagi kaum muslimin saat ini, agar tidak merasa rendah, takut,
dan lemah dalam memperjuangkan al-Quds dari tangan orang-orang Yahudi
(al-Buthi, Fiqh ash-Shirah an-Nabawiyah, Hal: 113)
Adapun hikmah dari peristiwa mi’raj dimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam memilih susu daripada khamr menunjukkan fitrah dan murninya
ajaran Islam yang sesuai dengan tabiat manusia. Sedangkan peristiwa
terbukanya pintu langit yang sebelumnya terkunci, lalu Jibril
‘alaihissalam meminta untuk dibukakan, yang demikian agar alam semesta
mengetahui bahwa sebelum kedatangan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa
sallam hal ini belum pernah dilakukan. Sekiranya tidak demikian,
mungkin orang akan menyangka bahwa pintu langit senantiasa terbuka. Dan
Allah Ta’ala juga hendak mengabarkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu
‘alaihi wa sallam dikenal oleh penduduk langit. Oleh karena itu, ketika
pintu langit dibukakan, lalu Malaikat Jibril mengatakan kepada penjaga
langit bahwa ia bersama Muhammad, malaikat penjaga tersebut bertanya,
“Apakah dia telah diutus?” Bukan bertanya, “Siapa Muhammad?”
(as-Suyuthi, al-Khasha-is an-Nabawiyah al-Kubra, 391-392).
As-Suyuthi melanjutkan, hikmah beliau dipertemukan dengan Nabi Adam
‘alaihissalam pada langit pertama karena Nabi Adam adalah nabi dan
manusia pertama.
Di langit kedua bertemu dengan Nabi Isa ‘alaihissalam karena Nabi Isa
adalah yang paling dekat masanya dengan Nabi Muhammad ‘alahima shalatu
wa salam.
Kemudian di langit ketiga bertemu dengan Nabi Yusuf, karena umat
Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam akan masuk ke dalam surga dengan
penampilan serupawan Nabi Yusuf.
Berikutnya Nabi Idris, dikatakan bahwa beliaulah yang pertama kali diangkat ke langit sebelum Nabi Isa dan Nabi Muhammad.
Kemudian bertemu dengan Nabi Harun karena dia adalah saudara Nabi Musa yang mendapinginya dalam berjuang.
Setelah itu berjumpa Nabi Musa karena keutamaan beliau pernah diajak berbicara oleh Allah.
Dan terakhir adalah Nabi Ibrahim karena beliau adalah bapak pilihan yakni bapak para nabi.
Imam al-Qurthubi menyatakan, pengkhususkan Nabi Musa dalam peristiwa
shalat. Ada yang mengatakan karena Nabi Musa adalah nabi yang paling
dekat posisinya saat Nabi Muhmmad turun. Ada juga yang mengatakan
umatnya lebih banyak dari umat nabi selainnya. Ada lagi yang berpendapat
karena kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Musa adalah kitab yang
paling mulia kedudukan dan hukum syariatnya sebelum Alquran diturunkan.
Atau juga karena umat Nabi Musa dibebankan amalan shalat sebagaimana
umat nabi lainnya, lalu mereka merasa berat dengan syariat tersebut,
maka Nabi Musa kasihan dengan umat Nabi Muhammad. Pendapat terakhir ini
dikuatkan dengan riwayat tentang perkataan Nabi Musa,
أنا أعلم بالناس منك
“Saya lebih mengetahui karakter manusia dibanding Anda.”
Tidak heran Alquran banyak sekali memuat kisah Nabi Musa, tujuannya
adalah agar kita banyak-banyak mengambil hikmah dari perjalanan hidup
beliau, perjalanan dakwahnya, dll.
Pengkhususan syariat shalat melalui perjalanan mi’raj karena ketika Nabi
Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mi’raj di malam itu, para
malaikat sedang beribadah. Di antara mereka ada yang berdiri dan tidak
duduk, ada yang terus rukuk dan tidak sujud, ada yang terus sujud dan
tidak duduk, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengumpulkan semua ibadah
ini untuk umat Nabi Muhammad. Seorang hamba menggabungkan berdiri,
rukuk, sujud, dan duduk dalam satu rakaat saja (Muhammad Amin bin Ahmad
Janki, ash-Shirah an-Nabawiyah min al-Fathi al-Bari, 1: 239-240).
Dengan perjalanan isra mi’raj ini, Allah menginginkan agar hamba dan
Rasul-Nya merasakan periode baru dalam berdakwah, sebagaimana Nabi Musa
juga mengalami periode baru dengan berangkat langsung mendakwahi Firaun
dan diangkatnya saudaranya Harun untuk mendampingi dakwahnya. Nabi Musa
sebelum diperintahkan untuk menemui Firaun telah Allah siapkan dengan
berbagai macam mukjizat dan keutamaan agar beliau siap. Allah berfirman
kepada Nabi Musa,
لِنُرِيَكَ مِنْ آَيَاتِنَا الْكُبْرَى اذْهَبْ إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى
“untuk Kami perlihatkan kepadamu sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan
Kami yang sangat besar, Pergilah kepada Fir´aun; sesungguhnya ia telah
melampaui batas.” (QS. Thaha: 23-24)
Sama halnya dengan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, Allah
persiapkan perjalanan dakwah beliau yang panjang dengan membawanya ke
suatu fase dimana dipertemukan dengan Jibril, para nabi, surga dan
neraka, agar kesabaran beliau kian tertempa dalam menghadapi lika-liku
perjalanan dakwah. Allah berfirman kepada Nabi Muhammad,
لَقَدْ رَأَى مِنْ آَيَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى
“Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (QS. An-Najm: 18)
Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam diistimewakan dengan mengimami
para nabi dan dinaikkan menuju sidratul muntaha, suatu keistimewaan
yang tidak didapat oleh seoranng pun selain beliau.
Dan sebesar-besar hikmah dari perjalanan isra mi’raj adalah
disyariatkannya shalat. Dengan melaksanankan shalat wajib tersebut
seorang hamba menegakkan sebuah kewajiban ubudiyah yang mampu meredam
hawa nafsu, menanamkan akhlak-akhlak mulia di dalam hati, menyucikan
jiwa dari sifat penakut, pelit, keluh kesah, dan putus asa. Dengan
shalat kita bisa memohon pertolongan kepada Allah dari permasalahan yang
kita hadapi. Allah Ta’ala berfiman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai
penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS.
Al-Baqarah: 153)
إِنَّ الإِنْسَانَ خُلِقَ هَلُوعًا إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا
وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا إِلاَّ الْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ
عَلَى صَلاَتِهِمْ دَائِمُونَ
“Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir.
Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat
kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat,
yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya.” (QS. Al-Ma’arij: 19-23)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah seorang yang senantiasa
berdiri (shalat) bermunajat kepada Rabbnya, sampai-sampai beliau
menemukan kenikmatan dalam mengerjakan shalat. Beliau bersabda,
وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلاةِ
“Dan dijadikan penyejuk hatiku di dalam shalat.”
Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang bersemangat dalam
mengerjakan shalat dan tidak lalai dalam mengerjakannya. Semoga shalat
menjadi penyejuk hati kita dan jalan untuk mendekatkan diri kepada Rabb
kita. Amin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar