Siapapun kita, tentu pernah merasakan marah, bahkan mungkin tidak jarang kita merasakan kemarahan dan emosi yang sangat.
Memang sifat marah merupakan tabiat yang tidak mungkin luput dari diri
manusia, karena mereka memiliki nafsu yang cenderung ingin selalu
dituruti dan enggan untuk diselisihi keinginannya.
Bersamaan dengan itu, sifat marah merupakan bara api yang dikobarkan
oleh setan dalam hati manusia untuk merusak agama dan diri mereka,
karena dengan kemarahan seseorang bisa menjadi gelap mata sehingga dia
bisa melakukan tindakan atau mengucapkan perkataan yang berakibat buruk
bagi diri dan agamanya.
Oleh karena itu, hamba-hamba AllahTa’ala yang bertakwa, meskipun mereka
tidak luput dari sifat marah, akan tetapi kerena mereka selalu berusaha
melawan keinginan hawa nafsu, maka mereka pun selalu mampu meredam
kemarahan mereka karena Allah Ta’ala.
Allah Ta’ala memuji mereka dengan sifat ini dalam firman-Nya,
{الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ
الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ}
“Orang-orang yang bertakwa adalah mereka yang menafkahkan (harta mereka)
baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan
amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai
orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS Ali ‘Imran:134).
Artinya: jika mereka disakiti orang lain yang menyebabkan timbulnya
kemarahan dalam diri mereka, maka mereka tidak melakukan sesuatu yang
diinginkan oleh watak kemanusiaan mereka (melampiaskan kemarahan), akan
tetapi mereka (justru berusaha) menahan kemarahan dalam hati mereka dan
bersabar untuk tidak membalas perlakuan orang yang menyakiti mereka.
Dinukil dari kitab Tafsir Ibnu Katsir, Dan firman Allah (dan orang-orang
yang menahan amarahnya dan mema’afkan kesalahan orang) maksudnya ketika
kemarahan mereka bangkit maka mereka menahannya, makna menahan adalah
menyembunyikan dan tidak melakukannya serta mereka memaafkan hak itu
terhadap orang-orang yang berbuat buruk kepada mereka.
وَقَوْلُهُ : ( وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ )
أَيْ : إِذَا ثَارَ بِهِمُ الْغَيْظُ كَظَمُوهُ ، بِمَعْنَى : كَتَمُوهُ
فَلَمْ يَعْمَلُوهُ وَعَفَوْا مَعَ ذَلِكَ عَمَّنْ أَسَاءَ إِلَيْهِمْ
وَقَدْ وَرَدَ فِي بَعْضِ الْآثَارِ : " يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى : ابْنَ
آدَمَ اذْكُرْنِي إِذَا غَضِبْتَ ، أَذْكُرُكَ إِذَا غَضِبْتُ ، فَلَا
أُهْلِكُكَ فِيمَنْ أُهْلِكُ " رَوَاهُ ابْنُ أَبِي حَاتِمٍ
Telah datang dalam sebagian atsar,"Allah berfirman: wahai anak adam,
ingatlah kepadaKu ketika engkau marah maka Aku akan mengingatmu ketika
Aku marah maka tidaklah Aku membinasakanmu ketika orang-orang
dibinasakan." (HR. Abu Hatim).
عَنْ أَبِي عَمْرِو بْنِ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ : قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " مَنْ كَفَّ غَضَبَهُ
كَفَّ اللَّهُ عَنْهُ عَذَابَهُ ، وَمَنْ خَزَنَ لِسَانَهُ سَتَرَ اللَّهُ
عَوْرَتَهُ ، وَمَنِ اعْتَذَرَ إِلَى اللَّهِ قَبِلَ عُذْرَهُ " عَنْ
أَبِي هُرَيْرَةَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ : " لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ،
وَلَكِنَّ الشَّدِيدَ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ "
Dari abi amr bin anas bin malik dari ayahnya berkata, Rasulullah
shalallahu alaihi wasallam bersabda : " barang siapa yang mencegah
amarahnya maka Allah mencegah siksaan darinya, dan barang siapa menjaga
lisannya maka Allah menutupi auratnya, dan barang siapa meminta uzur
kepada Allah maka Allah menerima uzurnya." (HR. Abu ya'la).
Dari abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :
لَيْسَ الشَّدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ.
"Orang yang kuat itu bukanlah yang pandai bergulat, tetapi orang yang
kuat ialah orang yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah."(HR.
Ahmad, Bukhari dan Muslim).
عَنِ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ ، عَنْ عَمٍّ لَهُ يُقَالُ لَهُ : جَارِيَةُ
بْنُ قُدَامَةَ السَّعْدِيُّ ، أَنَّهُ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، قُلْ لِي
قَوْلًا يَنْفَعُنِي وَأَقْلِلْ عَلَيَّ ، لَعَلِّي أَعِيهِ . فَقَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " لَا تَغْضَبْ " .
فَأَعَادَ عَلَيْهِ حَتَّى أَعَادَ عَلَيْهِ مِرَارًا ، كُلُّ ذَلِكَ
يَقُولُ : " لَا تَغْضَبْ"
عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ، عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَصْحَابِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ : يَا
رَسُولَ اللَّهِ ، أَوْصِنِي . قَالَ : " لَا تَغْضَبْ " . قَالَ الرَّجُلُ
: فَفَكَّرْتُ حِينَ قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا قَالَ ،
فَإِذَا الْغَضَبُ يَجْمَعُ الشَّرَّ كُلَّهُ .
Dari Ahnaf bin Qais dari pamannya yang bernama Jariyah bin Qudamah
as-sa'di, sesungguhnya beliau bertanya kepada Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam :
"Wahai Rasulullah, katakanlah kepadaku suatu kalimat yang memberikanku manfaat, sedikit saja semoga aku bisa menghafalnya."
Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "janganlah engkau marah."
kemudian Rasulullah mengulanginya beberakali kali. (HR. Ahmad).
عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ عَنْ رَجُلٍ مِنْ اَصْحَابِ
النَّبِيّ ص قَالَ: قَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اَوْصِنِى. قَالَ:
لاَ تَغْضَبْ. قَالَ: قَالَ الرَّجُلُ: فَفَكَّرْتُ حِيْنَ قَالَ
النَّبِيُّ ص مَا قَالَ. فَاِذَا اْلغَضَبُ يَجْمَعُ الشَّرَّ كُلَّهُ.
احمد
Dari Humaid bin Abdurrahman dari salah seorang sahabat Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata,
seorang lelaki berkata kepada Rasul: "wahai Rasulullah, berikanlah wasiyat kepadaku."
Rasul bersabda : "janganlah engkau marah."
Lelaki itu berkata : "kemudian aku memikirkan apa yang dikatakan oleh
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam,ternyata kemarahan itu
mengumpulkan semua keburukan." (HR. Ahmad).
عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ : كَانَ يَسْقِي عَلَى حَوْضٍ لَهُ ، فَجَاءَ
قَوْمٌ قَالُوا أَيُّكُمْ يُورِدُ عَلَى أَبِي ذَرٍّ وَيَحْتَسِبُ
شَعَرَاتٍ مِنْ رَأْسِهِ فَقَالَ رَجُلٌ : أَنَا . فَجَاءَ الرَّجُلُ
فَأَوْرَدَ عَلَيْهِ الْحَوْضَ فَدَقَّهُ ، وَكَانَ أَبُو ذَرٍّ قَائِمًا
فَجَلَسَ ، ثُمَّ اضْطَجَعَ ، فَقِيلَ لَهُ : يَا أَبَا ذَرٍّ ، لِمَ
جَلَسْتَ ثُمَّ اضْطَجَعْتَ ؟ فَقَالَ : إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَنَا : " إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ
وَهُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ ، فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا
فَلْيَضْطَجِعْ"
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " إِنَّ
الْغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنَ النَّارِ
وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ ، فَإِذَا أُغْضِبَ أَحَدُكُمْ
فَلْيَتَوَضَّأْ " .
Abu Dzar dia berkata, "Ketika dia sedang mengambil air di kolam
miliknya, datanglah sekelompok orang yang salah seorang dari mereka
berkata, "Siapakah di antara kalian yang akan menghampiri Abu Dzar dan
mengambil rambut kepalanya?" lalu seseorang berkata, "Saya!" Kemudian
laki-laki itu mendatangi Abu Dzar, ia lalu melewati kolam dan memukul
airnya. Saat itu Abu Dzar dalam kondisi tegak berdiri, kemudian dia
duduk dan berbaring, maka ditanyalah ia, "Wahai Abu Dzar, kenapa kamu
duduk kemudian berbaring?" Abu Dzar berkata, "Sesungguhnya Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda kepada kami: "Jika salah
seorang di antara kalian marah sementara ia sedang berdiri, maka
hendaklah ia duduk, jika kemarahan itu reda (itulah yang diharapkan),
jika tidak maka hendaklah ia berbaring." (HR.Ahmad).
Rasulullah alaihi wasallam bersabda :
“Sesungguhnya marah itu dari setan dan sesungguhnya setan itu diciptakan
dari api, sementara api bisa dipadamkan oleh air. Karena itu, jika
salah seorang di antara kalian sedang marah, hendaklah dia berwudhu."
(HR Abu Dawud).
عَنْ رَجُلٍ مِنْ أَبْنَاءِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ
يُنْفِذَهُ مَلَأَهُ اللَّهُ أَمْنًا وَإِيمَانًا ، وَمَنْ تَرَكَ لُبْسَ
ثَوْبِ جَمَالٍ وَهُوَ يَقْدِرُ عَلَيْهِ - قَالَ بِشْرٌ : أَحْسَبُهُ
قَالَ : " تَوَاضُعًا " - كَسَاهُ اللَّهُ حُلَّةَ الْكَرَامَةِ ، وَمَنْ
زَوَّجَ لِلَّهِ كَسَاهُ اللَّهُ تَاجَ الْمُلْكِ "
عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ ، عَنْ أَبِيهِ ، أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : " مَنْ كَظَمَ غَيْظًا
وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ ، دَعَاهُ اللَّهُ عَلَى رُءُوسِ
الْخَلَائِقِ ، حَتَّى يُخَيِّرَهُ مِنْ أَيِّ الْحُورِ شَاءَ "
Dari seorang lelaki dari anak2nya sahabatnya Nabi shallallahu alaihi
wasallam dari ayahnya berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
bersabda :
"Barang siapa menahan marah padahal dia mampu untuk melampiaskannya maka
Allah akan memenuhinya keamanan dan keimanan, dan barang siapa
meninggalkan pakaian yang bagus padahal dia mampu untuk memakainya -
Bisyr berkata; “aku mengira dia berkata :" karena tawadhu "- maka Allah
akan memakaikan perhiasan kemualiaan padanya, dan barang siapa menikah
karena Allah maka Allah akan memakaikan mahkota raja kepadanya." (HR.
Abu dawud).
Dari Sahl bin Mu'adz bin Anas dari ayahnya sesungguhnya Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam bersabda :“Siapa saja yang menahan marah,
padahal dia mampu melampiaskannya, maka Allah akan memanggilnya pada
Hari Kiamat di atas kepala para makhluk hingga dipilihkan baginya
bidadari yang dia sukai." (HR at-Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibnu Majah).
عَنْ اَبِى الدَّرْدَاءِ قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ، دُلَّنِيْ
عَلَى عَمَلٍ يُدْخِلُنِى اْلجَنَّةَ. قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ
تَغْضَبْ. وَ لَكَ اْلجَنَّةُ. الطبرانى فى الاوسط رقم
Dari Abu Darda', ia berkata : Ada seorang laki-laki berkata kepada
Rasulullah SAW, "Ya Rasulullah, tunjukkanlah kepada saya atas suatu amal
yang bisa memasukkan saya ke surga". Rasulullah SAW bersabda, "Jangan
marah, maka bagimu surga". [HR. Thabarani dalam Al-Ausath no 2353]
عَنْ سَعِيْدِ بْنِ اْلمُسَيَّبِ اَنَّهُ قَالَ: بَيْنَمَا رَسُوْلُ اللهِ ص
جَالِسٌ وَ مَعَهُ اَصْحَابُهُ وَقَعَ رَجُلٌ بِاَبِى بَكْرٍ فَآذَاهُ.
فَصَمَتَ عَنْهُ اَبُوْ بَكْرٍ، ثُمَّ آذَاهُ الثَّانِيَةَ، فَصَمَتَ
عَنْهُ اَبُوْ بَكْرٍ. ثُمَّ آذَاهُ الثَّالِثَةَ، فَانْتَصَرَ مِنْهُ
اَبُوْ بَكْرٍ، فَقَامَ رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ انْتَصَرَ اَبُوْ بَكْرٍ.
فَقَالَ اَبُوْ بَكْرٍ: اَوَجَدْتَ عَلَيَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: نَزَلَ مَلَكٌ مِنَ السَّمَاءِ يُكَذّبُهُ بِمَا قَالَ
لَكَ. فَلَمَّا انْتَصَرْتَ وَقَعَ الشَّيْطَانُ فَلَمْ اَكُنْ ِلاَجْلِسَ
اِذْ وَقَعَ الشَّيْطَانُ. ابو داود رقم
Dari Sa’id bin Musayyab, bahwasanya iaberkata, "Pernah suatu ketika
Rasulullah SAW sedang duduk bersama shahabat-shahabatnya, lalu ada
seorang laki-laki yang mencaci dan menyakiti Abu Bakar, tetapi Abu Bakar
diam saja. Kemudian ia menyakitinya yang kedua kali, tetapi Abu Bakar
masih diam saja. Lalu iamenyakitinya yang ketiga kali, lalu Abu Bakar
membalasnya. Maka Rasulullah SAW berdiri ketika Abu Bakar membalasnya,
lalu Abu Bakar bertanya, "Apakah engkau marah kepadaku, yaRasulullah ?".
Rasulullah SAW bersabda, "Tadi malaikat turun dari langit seraya
mendustakan apa yang ia katakan terhadapmu, tetapi setelah engkau
membalasnya, syaithan lalu duduk di situ, maka tidaklah pantas aku duduk
karena syaithan duduk di situ". [HR. Abu Dawud juz 4, hal. 274, no.
4896]
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ صُرَدٍ قَالَ: اِسْتَبَّ رَجُلاَنِ عِنْدَ النَّبِيّ
ص فَجَعَلَ اَحَدُهُمَا يَغْضَبُ وَ يَحْمَرُّ وَ جْهُهُ. فَنَظَرَ
اِلَيْهِ النَّبِيُّ ص فَقَالَ: اِنّيْ َلاَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا
لَذَهَبَ ذَا عَنْهُ: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ.
فَقَامَ اِلَى الرَّجُلِ رَجُلٌ مِمَّنْ سَمِعَ النَّبِيَّ ص فَقَالَ: أَ
تَدْرِى مَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص آنِفًا؟ قَالَ اِنّيْ َلاَعْلَمُ
كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ ذَا عَنْهُ. اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ
الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. فَقَالَ لَهُ الرَّجُلُ: اَمَجْنُوْنًا
تَرَانِيْ؟ مسلم
Dari Sulaiman bin Shurad, ia berkata : Ada dua orang saling mencaci di
sisi Nabi SAW. Lalu salah seorang diantara keduanya menjadi marah, dan
merah mukanya. Kemudian Nabi SAW melihat kepada orang itu dan
bersabda,“Sesungguhnya aku mengetahui suatu kalimat seandainya ia mau
mengucapkannya pastilah hilang marah itu darinya, kalimat itu ialah
:A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim(Aku berlindung kepada Allah
dari godaan syetan yang terkutuk)”. Maka berdirilah seorang laki-laki
diantara orang yang mendengar sabda Nabi SAW tersebut menghampiri orang
yang marah itu dan berkata, “Tahukah kamu apa yang disabdakan oleh
Rasulullah SAW tadi ?”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya aku mengetahui
suatu kalimat seandainya ia mau mengucapkannya pastilah hilang marah itu
darinya. Kalimat itu ialah : A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir
rojiim”. Lalu orang yang marah itu berkata, “Apakah engkau menganggap
aku ini gila ?”. [HR. Muslim juz 4, hal. 2015]
عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ صُرَدٍ قَالَ: اِسْتَبَّ رَجُلاَنِ عِنْدَ النَّبِيّ
ص وَ نَحْنُ عِنْدَهُ جُلُوْسٌ وَ اَحَدُهُمَا يَسُبُّ صَاحِبَهُ
مُغْضَبًا قَدِ احْمَرَّ وَجْهُهُ. فَقَالَ النَّبِيُّ ص: اِنّيْ
َلاَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ عَنْهُ مَا يَجِدُ، لَوْ
قَالَ: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. فَقَالُوْا
لِلرَّجُلِ: اَلاَ تَسْمَعُ مَا يَقُوْلُ النَّبِيُّ ص قَالَ: اِنّى لَسْتُ
بِمَجْنُوْنٍ. البخارى
Dari Sulaiman bin Shurad, ia berkata : Ketika kami duduk di sisi Nabi
SAW, ada dua orang saling mencaci. Lalu salah seorang diantara keduanya
menjadi marah, merah mukanya. Kemudian Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya
aku mengetahui suatu kalimat seandainya ia mau mengucapkannya pastilah
hilang marah itu darinya, seandainya ia mengucapkan : A'uudzu billaahi
minasy-syaithoonir rojiim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan
syetan yang terkutuk)". Kemudian orang-orang berkata kepada laki-laki
tersebut, "Tahukah kamu apa yang disabdakan oleh Nabi SAW tadi ?". Orang
yang marah itu menjawab, "Aku ini tidak gila !".[HR. Bukhari juz 7,
hal. 99]
عَنْ اَبِى وَائِلٍ اْلقَاصّ قَالَ: دَخَلْنَا عَلَى عُرْوَةَ بْنِ
مُحَمَّدٍ السَّعْدِيّ فَكَلَّمَهُ رَجُلٌ فَأَغْضَبَهُ، فَقَامَ
فَتَوَضَّأَ، فَقَالَ: حَدَّثَنِى اَبِيْ عَنْ جَدّيْ عَطِيَّةَ قَالَ:
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ اْلغَضَبَ مِنَ الشَّيْطَانِ. وَ اِنَّ
الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنَ النَّارِ. وَ اِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ
بِاْلمَاءِ، فَاِذَا غَضِبَ اَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ. ابو داود
رقم
Dari Abu Wail Al-Qaashsh, ia berkata, "Saya pernah datang kepada 'Urwah
bin Muhammad As-Sa'diy, lalu ada seorang laki-laki yang berbicara
kepadanya yang membuatnya marah, maka ia bangkit lalu berwudlu. (Setelah
berwudlu) kemudian ia berkata : Ayahku mencerita-kan kepadaku dari
kakekku yaitu 'Athiyah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya marah itu dari syetan dan sesungguhnya syetan itu
diciptakan dari api, dan hanyasanya api itu dipadamkan dengan air, maka
apabila salah seorang diantara kalian marah hendaklah ia berwudlu". [HR.
Abu Dawud juz 4, hal. 249, no. 4784]
عَنْ اَبِى ذَرّ قَالَ: اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ لَنَا: اِذَا غَضِبَ
اَحَدُكُمْ وَ هُوَ قَائِمٌ فَلْيَجْلِسْ، فَاِنْ ذَهَبَ عَنْهُ اْلغَضَبُ.
وَ اِلاَّ فَلْيَضْطَجِعْ. ابو داود رقم
Dari Abu Dzarr, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda kepada
kami, "Apabila salah seorang diantara kalian marah dalam keadaan
berdiri maka hendaklah ia duduk, niscaya akan hilang marahnya. Dan jika
belum hilang marahnya, maka hendaklah ia berbaring (tiduran)". [HR. Abu
Dawud juz 4, hal. 249, no. 4782]
Keutamaan Menahan Amarah
Menahan amarah adalah sebab memperoleh ampunan Allah dan surga-Nya:
وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا
السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ (133) الَّذِينَ
يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ
وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
Dan bersegeralah menuju ampunan dari Tuhan kalian dan surga yang
lebarnya (seluas) langit dan bumi yang disediakan bagi orang yang
bertakwa, yaitu orang yang menginfakkan (hartanya) di waktu lapang atau
susah, dan orang-orang yang menahan amarah, dan bersikap pemaaf kepada
manusia, dan Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik (Q.S Ali
Imran:133-134)
Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
لاَ تَغْضَبْ وِلَكَ الْجَنَّة
Janganlah engkau marah, niscaya engkau mendapat surga (H.R at-Thobarony dan dishahihkan oleh al-Mundziri)
Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam juga bersabda:
مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ قَادِرٌ عَلَى أَنْ يُنْفِذَهُ دَعَاهُ اللَّهُ
عَزَّ وَجَلَّ عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى
يُخَيِّرَهُ اللَّهُ مِنْ الْحُورِ الْعِينِ مَا شَاءَ
Barangsiapa yang menahan amarah padahal ia mampu untuk melampiaskannya,
Allah akan panggil ia di hadapan para makhluk pada hari kiamat, hingga
Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari (terbaik) yang ia inginkan (H.R
Abu Dawud, atTirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)
كيفيّة السنة يَمْلِكُ آلنَفْسَ عِنْدَ الْغَضَبِ |
TATACARA SUNNAH MENAHAN DIRI KETIKA MARAH
Pertama : Membaca Ta’awwudz. Rasulullah bersabda;
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو
أُسَامَةَ، سَمِعْتُ الأَعْمَشَ، يَقُولُ سَمِعْتُ عَدِيَّ بْنَ ثَابِتٍ،
يَقُولُ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ صُرَدٍ، قَالَ اسْتَبَّ رَجُلاَنِ
عِنْدَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فَجَعَلَ أَحَدُهُمَا يَغْضَبُ
وَيَحْمَرُّ وَجْهُهُ فَنَظَرَ إِلَيْهِ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم
فَقَالَ " إِنِّي لأَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ ذَا عَنْهُ
أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ " . فَقَامَ إِلَى
الرَّجُلِ رَجُلٌ مِمَّنْ سَمِعَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ
أَتَدْرِي مَا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم آنِفًا قَالَ "
إِنِّي لأَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ ذَا عَنْهُ أَعُوذُ
بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ " . فَقَالَ لَهُ الرَّجُلُ
أَمَجْنُونًا تَرَانِي.
{رواه البخاري ومسلم واللفظ له، برقم :6813}
Telah menceritakan kepada kami Nashru bin 'Aliy Al Jahdlomiyyu. Telah
menceritakan kepada kami Abu Usamah, aku telah mendengar dari Al A'masy
berkata : Aku telah mendengar 'Adiy bin Tsabit berkata : Telah
menceritakan kepada kami Sulaiman bin Shurod, beliau berkata : Dua orang
laki-laki saling cekcok, dihadapan Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama,
lalu salah satu diantara keduanya mulai menjadi marah dan merah
wajahnya, Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama melihatnya, dan beliau
bersabda :
”Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang,
yaitu “A’uudzu billah mina-syaithaani-r-rajiim” “Aku berlindung kepada
Allah dari godaan syaitan yang terkutuk”. {HR. Bukhari dan Teks Hadits
Riwayat Muslim no. 6813}.
حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا جَرِيرُ بْنُ عَبْدِ الْحَمِيدِ
عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي
لَيْلَى عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ قَالَ اسْتَبَّ رَجُلَانِ عِنْدَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَغَضِبَ أَحَدُهُمَا
غَضَبًا شَدِيدًا حَتَّى خُيِّلَ إِلَيَّ أَنَّ أَنْفَهُ يَتَمَزَّعُ مِنْ
شِدَّةِ غَضَبِهِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
إِنِّي لَأَعْلَمُ كَلِمَةً لَوْ قَالَهَا لَذَهَبَ عَنْهُ مَا يَجِدُهُ
مِنْ الْغَضَبِ فَقَالَ مَا هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ يَقُولُ
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ قَالَ
فَجَعَلَ مُعَاذٌ يَأْمُرُهُ فَأَبَى وَمَحِكَ وَجَعَلَ يَزْدَادُ غَضَبًا.
{رواه أبو داود برقم: 4149، واللفظ له. والترمذي برقم:3374}
Telah menceritakan kepada kami Yusuf bin Musa.
Telah menceritakan kepada kami Jarir bin Abdil Hamid. Dari Abdil Malik
bin 'Umair. Dari Abdur Rahman bin Abi Laila. Dari Mu'adz bin Jabal,
beliau berkata : Dua orang laki-laki bercekcok dihadapan Nabi
shalallaahu 'alaihi wasallama, lalu salah satu dari keduanya kelihatan
sangat marah sekali, hingga aku berfikir hidungnya pecah karena
marahnya yang memuncak. Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama bersabda :
Sungguh aku benar-benar tahu sebuah kalimat yang jika dibaca oleh
seseorang maka akan hilang kemarahan yang dirasakan. Beliau membaca
kalimat itu :
“ALLAAHUMMA INNII A’UUDZUBIKA MINASY SYAITHAANIR RAJIIM” (Ya Allah,
sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-MU dari godaan setan yangt
terkutuk) – Perawi berkata : Mu’adz lantas menyuruh laki-laki itu untuk
membaca kalimat tersebut, tetapi ia enggan (tidak mau membacanya),
justru bertambahlah marahnya. {HR. Abu Dawud No.4149 dan Tirmidzi no.
3374}.
Kedua, Berwudlu. Rasulullah bersabda :
حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ خَلَفٍ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْمَعْنَى
قَالَا حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا أَبُو وَائِلٍ
الْقَاصُّ قَالَ دَخَلْنَا عَلَى عُرْوَةَ بْنِ مُحَمَّدٍ السَّعْدِيِّ
فَكَلَّمَهُ رَجُلٌ فَأَغْضَبَهُ فَقَامَ فَتَوَضَّأَ ثُمَّ رَجَعَ وَقَدْ
تَوَضَّأَ فَقَالَ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ جَدِّي عَطِيَّةَ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ
الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا
تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ.
{رواه احمد وابو داود واللفظ له، برقم : 4152 – وأنظر سنن ابو داود -بَاب مَا يُقَالُ عِنْدَ الْغَضَبِ- الجزء : 12 – صفحة : 403)
Telah menceritakan kepada kami Bakar bin Khalaf dan Al Hasan bin 'Aliy
Al Ma'na. Keduanya mengatakan : Telah menceritakan kepada kami Ibrahim
bin Khalid. Telah menceritakan kepada kami Abu Wa'il Al Qaashshu, beliau
berkata : Kami menghadap 'Urwah bin Muhammad Al Sa'diy, kemudian
seorang laki-laki mengatakan sesuatu padanya, yang membuat beliau
('Urwah bin Muhammad Al Sa'diy) marah, maka beliaupun berdiri berwudlu,
lalu kembali dalam keadaan benar-benar sudah berwudlu. Lalu beliau
berkata : Telah menceritakan kepadaku Bapakku. Dari Kakekku 'Athiyyah,
beliau berkata : Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama telah bersabda
:
“Kemarahan itu itu dari syetan, sedangkan syetan tercipta dari api, api
hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah-berwudlulah”.
{H.R. Ahmad. Dan Teks Hadits Riwayat Abu-Dawud no. 4152 atau 4784}.
Ketiga : Duduk. Dalam sebuah hadist: dikatakan:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ
حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي هِنْدٍ عَنْ أَبِي حَرْبِ بْنِ أَبِي
الْأَسْوَدِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَنَا إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ قَائِمٌ
فَلْيَجْلِسْ فَإِنْ ذَهَبَ عَنْهُ الْغَضَبُ وَإِلَّا فَلْيَضْطَجِعْ.
{رواه احمد وابو داود واللفظ له، برقم : 4151 -وأنظر سنن ابو داود -بَاب مَا يُقَالُ عِنْدَ الْغَضَبِ- الجزء : 12 – صفحة : 502}
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal. Telah menceritakan
kepada kami Abu Mu'awwiyyata. Telah menceritakan kepada kami Abu Dawud
bin Abi Hindin. Dari Abi Harbin bin Abi Al Aswad. Dari Abi Dzarrin,
beliau berkata : Sesungguhnya Rasulullah shalallaahu 'alaihi wasallama
telah bersabda kepada kami :
“Kalau kalian marah Dalam kondisi berdiri maka
duduklah,kalau-tidak-hilang-juga, maka-bertiduranlah”. {H.R. Ahmad. Dan
Teks Hadits Riwayat Abu Dawud no. 4151 atau 4782}
Keempat : Diam. Dalam sebuah hadist dikatakan :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ، قَالَ :
سَمِعْتُ لَيْثًا ، قال : سَمِعْتُ طَاوُسًا يُحَدِّثُ ، عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، أَنَّهُ
قَالَ : " عَلِّمُوا ، وَيَسِّرُوا ، وَلَا تُعَسِّرُوا ، وَإِذَا غَضِبَ
أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ " .
{رواه احمد في مسنده برقم : 2057}
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far. Telah menceritakan
kepada kami Syu'batu, beliau berkata : Aku telah mendengar dari Laits,
beliau berkata : Aku telah mendengar dari Thowwus, beliau menceritakan
dari Ibnu Abbas. Dari Nabi shalallaahu 'alaihi wasallama, sesungguhnya
beliau telah bersabda :
“Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah” {H.R. Ahmad no. 2057}.
Kelima : Bersujud, artinya Shalat Sunnah minimal dua rakaat :
حَدَّثَنَا عِمْرَانُ بْنُ مُوسَى الْقَزَّازُ الْبَصْرِيُّ حَدَّثَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ زَيْدِ بْنِ جُدْعَانَ
الْقُرَشِيُّ عَنْ أَبِي نَضْرَةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ
صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا
صَلَاةَ الْعَصْرِ بِنَهَارٍ ثُمَّ قَامَ خَطِيبًا فَلَمْ يَدَعْ شَيْئًا
يَكُونُ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ إِلَّا أَخْبَرَنَا بِهِ حَفِظَهُ مَنْ
حَفِظَهُ وَنَسِيَهُ مَنْ نَسِيَهُ وَكَانَ فِيمَا قَالَ إِنَّ الدُّنْيَا
حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَنَاظِرٌ
كَيْفَ تَعْمَلُونَ أَلَا فَاتَّقُوا الدُّنْيَا وَاتَّقُوا النِّسَاءَ
وَكَانَ فِيمَا قَالَ أَلَا لَا يَمْنَعَنَّ رَجُلًا هَيْبَةُ النَّاسِ
أَنْ يَقُولَ بِحَقٍّ إِذَا عَلِمَهُ قَالَ فَبَكَى أَبُو سَعِيدٍ فَقَالَ
قَدْ وَاللَّهِ رَأَيْنَا أَشْيَاءَ فَهِبْنَا فَكَانَ فِيمَا قَالَ أَلَا
إِنَّهُ يُنْصَبُ لِكُلِّ غَادِرٍ لِوَاءٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقَدْرِ
غَدْرَتِهِ وَلَا غَدْرَةَ أَعْظَمُ مِنْ غَدْرَةِ إِمَامِ عَامَّةٍ
يُرْكَزُ لِوَاؤُهُ عِنْدَ اسْتِهِ فَكَانَ فِيمَا حَفِظْنَا يَوْمَئِذٍ
أَلَا إِنَّ بَنِي آدَمَ خُلِقُوا عَلَى طَبَقَاتٍ شَتَّى فَمِنْهُمْ مَنْ
يُولَدُ مُؤْمِنًا وَيَحْيَا مُؤْمِنًا وَيَمُوتُ مُؤْمِنًا وَمِنْهُمْ
مَنْ يُولَدُ كَافِرًا وَيَحْيَا كَافِرًا وَيَمُوتُ كَافِرًا وَمِنْهُمْ
مَنْ يُولَدُ مُؤْمِنًا وَيَحْيَا مُؤْمِنًا وَيَمُوتُ كَافِرًا وَمِنْهُمْ
مَنْ يُولَدُ كَافِرًا وَيَحْيَا كَافِرًا وَيَمُوتُ مُؤْمِنًا أَلَا
وَإِنَّ مِنْهُمْ الْبَطِيءَ الْغَضَبِ سَرِيعَ الْفَيْءِ وَمِنْهُمْ
سَرِيعُ الْغَضَبِ سَرِيعُ الْفَيْءِ فَتِلْكَ بِتِلْكَ أَلَا وَإِنَّ
مِنْهُمْ سَرِيعَ الْغَضَبِ بَطِيءَ الْفَيْءِ أَلَا وَخَيْرُهُمْ بَطِيءُ
الْغَضَبِ سَرِيعُ الْفَيْءِ أَلَا وَشَرُّهُمْ سَرِيعُ الْغَضَبِ بَطِيءُ
الْفَيْءِ أَلَا وَإِنَّ مِنْهُمْ حَسَنَ الْقَضَاءِ حَسَنَ الطَّلَبِ
وَمِنْهُمْ سَيِّئُ الْقَضَاءِ حَسَنُ الطَّلَبِ وَمِنْهُمْ حَسَنُ
الْقَضَاءِ سَيِّئُ الطَّلَبِ فَتِلْكَ بِتِلْكَ أَلَا وَإِنَّ مِنْهُمْ
السَّيِّئَ الْقَضَاءِ السَّيِّئَ الطَّلَبِ أَلَا وَخَيْرُهُمْ الْحَسَنُ
الْقَضَاءِ الْحَسَنُ الطَّلَبِ أَلَا وَشَرُّهُمْ سَيِّئُ الْقَضَاءِ
سَيِّئُ الطَّلَبِ أَلَا وَإِنَّ الْغَضَبَ جَمْرَةٌ فِي قَلْبِ ابْنِ
آدَمَ أَمَا رَأَيْتُمْ إِلَى حُمْرَةِ عَيْنَيْهِ وَانْتِفَاخِ
أَوْدَاجِهِ فَمَنْ أَحَسَّ بِشَيْءٍ مِنْ ذَلِكَ فَلْيَلْصَقْ بِالْأَرْضِ
قَالَ وَجَعَلْنَا نَلْتَفِتُ إِلَى الشَّمْسِ هَلْ بَقِيَ مِنْهَا شَيْءٌ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَلَا إِنَّهُ
لَمْ يَبْقَ مِنْ الدُّنْيَا فِيمَا مَضَى مِنْهَا إِلَّا كَمَا بَقِيَ
مِنْ يَوْمِكُمْ هَذَا فِيمَا مَضَى مِنْهُ
قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِي الْبَاب عَنْ حُذَيْفَةَ وَأَبِي مَرْيَمَ
وَأَبِي زَيْدِ بْنِ أَخْطَبَ وَالْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ وَذَكَرُوا
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدَّثَهُمْ بِمَا
هُوَ كَائِنٌ إِلَى أَنْ تَقُومَ السَّاعَةُ وَهَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ.
{رواه الترمذي برقم : 2191}
Telah menceritakan kepada kami ‘Imran bin Musa Al Qazzaz Al Bashri telah
menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid telah menceritakan kepada kami
‘Ali bin Zaid bin Jud’an Al Qurasy dari Abu Nadlrah dari Abu Sa’id Al
Khudri berkata: Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa Salam sholat ashar
bersama kami pada suatu hari setelah itu beliau berkhotbah, beliau tidak
meninggalkan apa pun yang ada dihadapan hari kiamat melainkan beliau
pasti memberitahukannya kepada kami, siapa yang hafal musti hafal dan
siapa yang lupa pasti melupakannya. Diantara yang beliau sampaikan: ”
dunia manis dan hijau dan Alloh akan menjadikan kalian sebagai
pemimpinnya lalu Ia akan memperhatikan apa yang kalian lakukan, ingat,
takutlah pada dunia, takutlah pada wanita.” Diantara yang beliau
sampaikan: “Ingat, jangan sampai rasa segan pada manusia menghalangi
seseorang untuk menyampaikan kebenaran bila ia mengetahuinya.” Abu Sa’id
menangis lalu berkata: Demi Alloh, kami telah melihat berbagai hal lalu
kami takut dan diantara yang beliau sampaikan: “Ingat, untuk setiap
pengkhianat akan ditegakkan bendera baginya pada hari kiamat berdasarkan
tingkat pengkhianatannya dan tidak ada pengkhianatan yang lebih besar
dari pengkhianatan pemimpin rakyat, benderanya dipusatkan didekat
pantatnya.” Diantara yang kami hafal saat itu: “Ingat, anak cucu Adam
diciptakan diatas beberapa tingkatan yang banyak, diantara mereka ada
yang dilahirkan dalam keadaan mu`min dan mati dalam keadaan mu`min,
diantara mereka ada yang terlahir kafir, hidup sebagai orang kafir dan
mati dalam keadaan kafir, diantara mereka ada yang terlahir mu`min,
hidup sebagai mu`min dan mati dalam keadaan kafir, diantara mereka ada
yang terlahir kafir, hidup sebagai orang kafir tapi mati dalam keadaan
beriman, ingat, diantara mereka ada yang lamban marah dan cepat sadar,
ada juga yang cepat marah dan cepat sadar, maka itu sebagai ganti yang
itu, ingat, diantara mereka ada yang cepat marah dan lamban sadar,
ingat, yang terbaik dari mereka adalah yang lamban marah tapi cepat
sadar, ingat yang terburuk dari mereka adalah yang cepat marah dan
lamban sadar, ingat, diantara mereka ada yang menunaikan (hutang) dengan
baik dan menagih dengan baik, diantara mereka ada yang menunaikan
(hutang) dengan buruk dan menagih dengan buruk, ingat dan yang terbaik
dari mereka adalah yang menunaikan (hutang) dengan baik dan menagih
dengan baik, ingat, dan yang paling buruk dari mereka adalah yang
menunaikan (hutang) dengan buruk dan menagih (hutang) dengan buruk,
ingat, marah itu bara api di hati manusia, apa kalian tidak melihat
merahnya mata orang marah dan uratnya membengkak. Barangsiapa yang
merasakan sesuatu darinya, hendaklah menempel tanah (bersujud).” Berkata
Ibnu Mas’ud: Kami lalu melihat matahari, apakah masih ada yang tersisa
lalu Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Ingatlah,
tidaklah tersisa dari dunia dari waktu yang telah berlalu kecuali
seperti sisa hari kalian yang masih ada ini dari hari yang telah
berlalu.” Berkata Abu Isa: dalam hal ini ada hadits serupa dari
Hudzaifah, Abu Maryam, Abu Zaid bin Akhthab dan Al Mughirah bin Syu’bah,
mereka menyebutkan bahwa nabi Shallallohu ‘alaihi wa Salam menceritakan
apa yang akan terjadi hingga hari kiamat terjadi kepada mereka. hadits
ini hasan shahih. {HR. Tirmidzi no. 2191}.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar